Diposting oleh http://mimindigenous.blogspot.com/ | 0 komentar

Diskusi Buku Genealogi Kaum Merah di Yogyakarta


Yogyakarta—Pada tanggal 11 Juni 2014, bertepatan dengan pelaksanaan Darul Arqam Madya (DAM) Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah AR. Fahkhruddin Kota Yogyakarta yang dilaksanakan di BLK PAY Yogyakarta. Diskusi buku Genealogi Kaum Merah: Pemikiran dan Gerakan berlangsung dan lancar. Dalam acara ini menghadirkan kedua penulis buku ini yakni Makhrus Ahmadi dan Aminuddin Anwar.

Diskusi buku ini sebenarnya merupakan bagian dari materi DAM “Gen Pemikiran IMM AR. Fakhruddin”, dimana notabene penulisan dan isi buku ini mengambil kasus gen pemikiran dan penelitian terhadap 80 responden kader IMM diseluruh Indonesia, disamping wawancara dengan para tokoh pendiri IMM itu sendiri. Diskusi ini pun berjalan secara dialektis mengingat sebagian besar peserta juga mengalami kebimbangan dan kegelisahaan selama berkader dalam tubuh IMM.

Selain itu, diskusi ini lebih menyoroti mengenai pentingnya internalisasi nilai dalam proses perkaderan IMM. Salah satunya menanamkan secara lebih massif mengenai ajaran dan paham Muhammadiyah dan IMM secara lebih serius. Tidak saja secara formal melainkan secara informal. Hal inilah yang menjadi kegelisahan peserta dan penulis buku ini: dimana dalam skala yang sangat mikro dan fundamental, masih banyak ditemui kader yang tidak hafal maksud dan tujuan IMM. Yang pada tahap yang lebih jauh akan mengaburkan identitas dan perjuangan ikatan yang sesungguhnya.

Buku Genealogi Kaum Merah, juga mendapat support dari para pengurus PC IMM AR. Fakhruddin Kota Yogyakarta dengan memberikan buku Genealogi Kaum Merah secara gratis kepada peserta DAM.

“Ini sebagai wujud apresiasi bagi para penulis yang notabene kader IMM AR. Fakhruddin yang aktif di MIM Indigenous School” pungkas Saladin Albany selaku Ketua Umum PC IMM AR. Fakhruddin Kota Yogyakarta dalam kesempatan yang berbeda. (adm) 

0 komentar: