Diposting oleh http://mimindigenous.blogspot.com/ | 0 komentar

MIM Indigenous School Peduli Pemilih Pemula

MIM Indigenous School pada tanggal 16-17 Mei 2013 terlibat aktif dalam acara “Sosialisasi Modul Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula” yang diselenggarakan oleh Dirjen Kesbangpol Kemendagri RI di Hotel Inna Garuda. Acara yang dihadiri oleh calon pemilih pemula dan ormas dan beberapa OKP. MIM Indigenous Schoool mendelegasikan 20 orang peserta aktif yang berasal dari para pegiat MIM Indigenous School.

Acara yang menghadirkan sosiolog UGM, Arie Sudjito menjelaskan bahwa proses politik yang terjadi selama ini masih bersifat prosedural dan cenderung mengebiri hakikat demokrasi. Namun, ia tetap optimis bahwa proses berdemokrasi masih menjadi hal yang harus dijalani. Lebih lanjut Rijal Ramdani sebagai pegiat MIM Indigenous School dalam pandangannya di forum ini, bahwa  pemilu yang berlangsung seharusnya menjadikan masyarakat sebagai subjek bukan sekedar objek untuk mencapai kekuasaan.


Dalam acara ini para pegiat MIM Indigenous School mampu memberikan beberapa pemikiran segar mengenai pentingnya pemilih pemula, tanpa harus menjadi alat maupun dimanfaatkan oleh partai politik manapun. Karena disitulah keberadaan kesadaran politik nilai berjalan ditengah politik procedural. (cm)

0 komentar: